1.1 Pengertian
=> Cahaya adalah
radiasi gelombang elektro magnetik yang dipancarkan dari sumbernya. Sumber cahaya umumnya dibagi menjadi dua
yaitu : sumber cahaya alami yang disebut (original light) misalnya matahari, bulan. Dan sumber cahaya non alami
yang di sebut (artificial light)
misalnya lampu, lilin, obor, dan sebagainya
Dalam
hal pembuatan paket produksi acara televisi, tata cahaya diartikan sebagai
suatu kegiatan merencanakan dan melaksanakan pengaturan cahaya-cahaya yang
berasal dari berbagai sumber cahaya baik original lihgt maupun artificial light terhadap
suatu dekorasi atau panggung atau hal-hal lain yang serupa sehingga merupakan
suatu kesatuan pencahayaan yang baik.
Pencahayaan yang baik harus dapat memenuhi
persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
1) Teknis
Persyaratan teknis dalam hal ini untuk
memenuhi standar pencahayaan yaitu intensitas cahaya yang cukup, color
temperatur yang tepat serta dimensi ruang yang akan kita tampilkan.
2) Artistik
Memenuhi Persyaratan artistik maksudnya
sebagai tingkat keberhasilan suatu penataan cahaya dalam menata dan menampilkan
dari segi aspek keindahan sehingga mempunyai nuansa artistik dalam mendukung
isi atau naskah.
3) Progamatis
Memenuhi persyaratan progamatis dalam hal ini
diartikan sebagai keberhasilan suatu
penataan dalam menampilkan dan menampakkan ke dalam isi cerita atau naskah atau
hal sejenisnya.
1.2 Tujuan Tata Cahaya
Tujuan utama dari tata cahaya yang baik dalam
paket produksi acara televisi adalah untuk menghasilkan gambar atau video yang
menarik dan mendukung suatu produksi visualisasi dari naskah cerita drama atau
pun musik. Maka tata cahaya harus
merupakan bagaian yang hidup dari estetika artistik suatu produksi. Untuk
tujuan tersebut tata cahaya dirancang dan digerakkan oleh pemikiran yang
kreatif. Ide-ide pemikiran kreatif semacam ini penting dalam penataan cahaya,
karena tanpa hal ini penataan cahaya tidak dapat berkembang maju.
Untuk lebih terinci tujuan tata cahaya pada
dasarnya adalah sebagai berikut :
1) Untuk memenuhi sebagai syarat sistem
kerja dari peralatan kamera yang membutuhkan cahaya guna menerangi obyek yang
akan di ambil gambarnya.
2) Menghasilkan gambar yang menyenagkan
melalui distribusi cahaya dan bayangan secara artistik sehingga menghasilkan gambar
yang dapat dipahami dan dapat dilihat tanpa menyakinkan mata dengan kata lain
memberikan perspektif tiga dimensi ruang.
3) Menciptakan kesan dimensi waktu
seperti siang malam, sore dan untuk menumbuhkan perasaan atau suasana pada
suatu adegan serta guna memberikan penekanan pada agenda yang dianggap penting.
4) Memberikan penyinaran yang seimbang
dari satu scene ke scene lain sehingga setiap kamera dapat menghasilkan urutan
gambar yang sesuai dengan tone yang baik terutama dari wajah-wajah pengisian
acara.
5) Menimbulkan
mood pada scane.
6) Menyembunyikan
cacat.
1.3 Peralatan Tata Cahaya
Untuk tercapainya penataan cahaya yang baik harus didukung oleh :
1) Lampu
Lampu adalah unsur utama dalam tata cahaya.
Berdasarkan dari sifat cahayanya lampu terbagi dalam dua jenis yaitu : lampu
jenis hard light dan lampu jenis soft light.
2) Telescopic dan Pantograph
Adalah jenis gantungan lampu yang dapat
diatur panjang pendeknya, dalam hal ini tingggi rendahnya lampu.
3) Filter
Filter biasanya terbuat dari bahan gelatin
yang dirancang sedemikian rupa sehingga diperoleh beberapa jenis filter dengan
macam-macam kegunaan misalnya untuk keper;uan effect, untuk keindahan dan lain
sebagainya.
4) Clamping
Adalah kelengkapan gantungan lampu yang
menyerupai tangan yang mencengkram pada grid.
5) Grid
Adalah suatu konstruksi silang terbuat dari
logam, dipasang pada langit-langit untuk menggantungkan lampu-lampu studio.
6) Batten
Fungsinya sama dengan grid yaitu Sebagai
tempat kedudukan lampu atau gantungan lampu, hanya saja kalau grid biasanya dipakai
pada studio yang kecil sedangkan batten digunakan untuk studio-studio yang
besar dan batten tersebut, sesuai dengan yang diinginkan.
7) Dimmer atau Lighting Console
Berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya
tersebut sesuai dengan yang diinginkan.
1.4 Aspek Penting dalam Lighting
Ini sudah menjadi rumusan atau formula dasar
sebuah pencahayaan dalam produksi video, film, dan foto. Tiga poin penting itu
terdiri atas : Key Light, Fill Light, Back Light.
Key Light adalah pencahayaan utama yang diarahkan pada
objek. Keylight merupakan sumber pencahayaan paling dominan. Biasanya keylight
lebih terang dibandingkan dengan fill light. Dalam desain 3 poin pencahyaan,
keylight ditempatkan pada sudut 45 derajat di atas subjek.
Fill Light merupakan pencahyaan pengisi, biasanya
digunakan untuk menghilagkan bayangan objek yang disebabkan oleh key light.
Fill light ditempatkan berseberangan dengan subyek yang mempunyai jarak yang
sama dengan keylight. Intensitas pencahyaan fill light biasanya setengah dari
key light.
Back Light, pencahayaan dari arah belakang objek,
berfungsi untuk meberikan dimensi agar subjek tidak “menyatu” dengan latar
belakang. Pencahyaan ini diletakkan 45 derajat di belakang subyek. Intensitas
pencahyaan backlight sangat tergantung dari pencahayaan key light dan fill
light, dan tentu saja tergantung pada subyeknya. Misal backlight untuk orang
berambut pirang akan sedikit berbeda dengan pencahayaan untuk orang dengan
warna rambut hitam.
Selain 3 poin pencahayaan tadi masih ada jenis
pencahyaan lainnya, yakni High Keylight, Low Keylight, Bost Light, Cross
Light, Side Back Light, Eye Light, dan Set Light.
· High Key Light
Cara penyinaran untuk suatu scene yang menghasilkan
gambar dengan gradasi terutama abu-abu dan putih.
· Low Key Light
Cara penyinaran untuk untuk suatu scene yang
menghasilkan gambar dengan gradasi, terutama antara abu-abu dan hitam.
· Bost Light
Penyinaran yang menyebar rata dan hamper tidak
menghasilkan bayangan.
· Cross Light
Penyinaran yang sama kuat kedepan subjek dari 2 arah
dengan sudut yang sama besar terhadap sumbu optis kamera pada bidang
horizontal.
· Side
back Light
Penyinaran dari arah belakang subjek dengan kedudukan tidak
sejajar dengan bidang vertikal yang melalui garis sumbu optis kamera.
· Eye Light
Penyinaran terhadap seorang untuk menghasilkan pantulan oleh
mata/gigi tanpa menambah jumlah cahaya yang berarti terhadap subjek itu
sendiri.
· Set Light
Penyinaran untuk latar belakang/ set yang terpisah dari penyinaran
untuk subjek utamanya.
Semoga bermanfaat.... ^-^
Komentar
Posting Komentar